4 Keunggulan Rumah Tradisional Indonesia yang Malah Ditinggalkan

4 Keunggulan Rumah Tradisional Indonesia yang Malah Ditinggalkan

Rumah tradisional Indonesia sudah mulai ditinggalkan. Banyak masyarakat Indonesia yang memilih membangun rumah pribadinya dengan gaya modern sesuai dengan perkembangan zaman.

Tapi banyak yang melupakan jika rumah tradisional memiliki keunggulan tersendiri. Yang tak kalah dengan rumah bergaya modern. Berikut keunggulan rumah tradisional Indonesia, yang tak banyak orang tahu.

1. Anti-banjir

Beberapa wilayah Indonesia memiliki rumah tradisional yang berbentuk rumah panggung, contohnya yang berada Bugis, Sulawesi Selatan. Manfaat yang pertama yang dapat diperoleh dari pembangunan rumah panggung adalah terhindarnya dari musibah banjir.

Pada daerah yang rawan banjir, rumah panggung dapat menjadi salah satu solusi karena tiang penyangga rumah yang lebih tinggi untuk menghindari banjir.

Selain itu, rumah yang biasa dibangun di atas perairan seperti sungai, laut, rawa dan sebagainya juga dapat memberikan manfaat bagi pengguna untuk dapat memanfaatkan lahan perairan untuk perumahan tanpa takut adanya banjir.

2. Anti-gempa

Secara geografis, banyak wilayah Indonesia rawan bencana alam. Salah satunya mengenai gempa. Seharusnya rumah tradisional yang banyak dibuat dari kayu harus dilestarikan.

Hal ini dikarenakan bahan utama pembangunan rumah merupakan kayu yang notabene memiliki sifat elastis terhadap gempa. Ditinggalkan karena terkesan ketinggalan zaman.

Rumah tradisional dari kayu ini di beberapa negara masih dipertahankan, contohnya Jepang, negara rawan gempa Jepang.

3. Lebih sejuk

Jika rumah modern untuk memberikan rasa dingin dan sejuk harus menggunakan pendingin ruangan atau AC, maka rumah tradisional yang berdasar kayu tidak perlu lagi menggunakan AC.

Karena desain kayu adalah isolator alami dan sangat efektif dalam mengisolasi dingin dan panas. Artinya, dengan membangun rumah kayu kamu bisa menghemat energi dalam jumlah yang cukup besar dibandingkan dengan rumah batu bata atau beton.

4. Anti-binatang buas

Rumah tradisional Indonesia yang rata-rata rumah panggung sangat menguntungkan terlebih dari aspek keselamatan. Terlebih yang tinggal di daerah. Karena struktur bangunan rumah yang lebih tinggi dari keadaan sekitar akan menyulitkan binatang untuk masuk ke dalam rumah.

Selain itu, pemilik rumah juga dapat memantau keadaan sekitar rumah dari ancaman-ancaman yang mungkin ditimbulkan dari binatang-binatang yang berkeliaran di sekitar rumah.


Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *