4 Tanaman Pengusir Nyamuk Alami

Rumah Anda Banyak Nyamuk? Tanam Empat Bunga Pengusir Si Tukang Gigit Ini

Nyamuk tidak hanya mengganggu, tapi juga merupakan serangga berbahaya yang dapat membawa virus West Nile . Keberadaan serangga ini bisa diatasi dengan bahan kimia, tapi beberapa bahan kimia tidak hanya membahayakan serangga tapi juga bisa menjadi racun bagi anak-anak dan hewan peliharaan.

Untuk mengatasinya, lakukan langkah cerdik yang lebih aman, yuk. Yakni, dengan menanam bunga penolak nyamuk. Selain lebih sehat, rumah juga jadi lebih cantik.

Ada beberapa bunga dan tumbuhan yang secara alami dapat mengusir nyamuk.

Pada produk komersial, terkandung DEET yang tidak aman digunakan pada bayi dan anak-anak. Produk ini juga dapat menyebabkan ruam pada kulit dan mengiritasi mata.

Nih, beberapa bunga yang bisa Anda tanam di kebun sekaligus mengusir nyamuk dari rumah Anda.

Marigold

Nyamuk tidak suka bau tajam dari bunga ini, sehingga serangga ini lebih suka menjauhinya. Marigold hadir dalam varietas yang melimpah.

Ageratum

Bunga lain yang “ditolak” nyamuk ialah ageratum. Ageratum merupakan tanaman yang mengandung coumarin tidur, yang memiliki bau yang sangat dibenci nyamuk. Bunga ini hanya berkembang setahun sekali dengan warna biru atau putih.

Geranium

Salah satu jenis geranium, yakni Lemon Geranium, memiliki bau kuat ketika daunnya digosok. Aroma lainnya adalah apel, mawar, jeruk, dan kelapa. Tanaman ini berasal dari tempat yang sangat jauh, yaitu Afrika Selatan.

Herbal

Selain bunga, ada beberapa ramuan herbal yang bisa mengusir nyamuk. Salah satunya ialah campuran Rosemary dan Catnip. Keduanya direndam selama 10 menit dan airnya bisa disemprotkan pada tubuh sebagai penolak nyamuk.

Herbal lainnya ialah Citronella. Daunnya ampuh mengusir nyamuk setelah digosokkan ke kulit. Selain itu, ada Tansy dan Kemangi. Keduanya juga bisa Anda tanam di halaman rumah sebagai pengusir nyamuk.

 


Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *