Alergi Susu Pada Orang Dewasa

Alergi Susu Pada Orang Dewasa

Alergi jenisnya memang bervariasi. Tidak jarang ada beberapa orang yang sama sekali belum mengalami gejala alergi tertentu pada saat masih kecil, namun ketika dewasa justru terjadi alergi. Seperti misalnya alergi susu yang biasanya sering terjadi pada anak dan bayi kemudian pada saat anak-anak sama sekali tidak muncul namun justru ketika dewasa gejala alergi terhadap susu justru muncul secara mengejutkan. Kemunculan alergi terhadap produk yang berasal dari sapi memang tidak dapat diduga. Namun sering sekali orang salah membedakan dengan yang namanya intoleransi. Alergi terhadap susu bisa berupa susu murni maupun yang berupa produk yang merupakan olahan susunya seperti keju dan yang sejenisnya.

Jika anda mengalami beberapa gejala berikut, maka anda patut waspada bahwa anda sedang mengalami alergi susu ketika sedang dewasa:

  • Reaksi pertama yang akan muncul adalah reaksi dari kulit. Biasanya pada kulit akan muncul beberapa perubahan seperti munculnya ruam kemerahan pada permukaan kulit wajah seperti akan meletus. Perubahan kecil pada kulit tersebut memang sama sekali tidak bisa dibedakan dengan yang namanya iritasi maupun jerawat bagi yang masih belum familiar. Perubahan kulit semmacam ini sangat mengganggu. Jadi ketika anda memiliki reaksi perubahan pada warna kulit segeralah untuk berkunjung ke dokter untuk melakukan pemeriksaaan. Reaksi ini biasanya akan muncul sesaat ketika anda mengkonsumsi susu sapi. Sebab protein pada susu sapi akan dikenali oleh tubuh sebagai sebuah alergen yang mengganggu.
  • Gejala berikutnya yang mungkin muncul ketika sedang mengalami gejala alergi susu adalah gejala pencernaan yang terganggu. Pencernaan yang terganggu merupakan salah satu gejala yang sering muncul saat sedang mengalami alergi terhadap beberapa jenis makanan seperti susu. Pencernaan akan terganggu seperti rasa sakit perut dan gejala lainnya yang muncul setelah mengkonsumsi susu sapi. Terkadang beberapa orang muncul reaksi alergi berupa pembengkakan yang terjadi pada bibir. Pembengkakan pada bibir tentu saja membuat sedikit gangguan yang cukup menggagu ketika sedang mengalami keluhan alergi terhadap susu sapi dan juga produk olahannya.
  • Gejala berikutnya yang akan muncul saat anda mengalami alergi susu adalah gangguan pada pernafasan. Gejala gangguan pada pernafasan bisa saja terjadi dengan gejala seperti sesak nafas, bersin-bersin dan juga beberapa gangguan pernafasan lainnya. Gangguan pernafasan ini juga bisa muncul dengan hidung yang terluka dan juga tenggorokan yang terasa gatal. Gejala tenggorokan gatal yang sering disalahartikan sebagai gejala flu tersebut memang sulit dibedakan dengan gejala alergi. Reaksi sakit tenggorokan ini biasanya merupakan gejala gangguan pernafasan yang masih ringan ketika mengalami alergi. Jadi itulah sebabnya jika anda sudah mengalami gejala sesak nafas yang berlebihan maka segeralah konsultasikan kesehatan anda pada dokter yang mengurus anda untuk segera diatasi.
  • Gejala yang cukup parah saat anda mengalami alergi susu ketika anda sudah dewasa sekalipun adalah muncul reaksi anafilaksis. Reaksi ini bisa berupa tremor, pingsan dan juga kejang. Gejala-gejala ini tentu saja sudah sangat berat. Betapa beratnya keluhan ini membuat para penderitanya merasa harus segera mengatasinya. Sehingga saat anda mengkonsumsi susu sapi anda akan segera mengalami gejala tersebut. Sehingga sebisa mungkin untuk¬† menghidari susu sapi dan juga produk turunanya supaya tidak terjadi anda tremor, kejang hingga pingsan yang sangat membahayakan tubuh anda.¬† Jadi saat anda membeli makanan sebisa mungkin hindari yang mengandung susu dan juga produk olahannya.
  • Gejala alergi susu ketika terjadi pada orang dewasa berikutnya yang paling berat jika tidak segera ditangani adalah bisa menyebabkan kematian karena disfungsi organ vital tubuh. Disfungsi inilah yang sangat membahayakan kesehatan secara keseluruhan. Sehingga jika anda merasakan mulai mengalami gejala yang tidak nyaman dengan kesehatan anda ketika mengkonsumsi susu, maka anda harus menghindarinya. Menghindarinya serta menjauhinya. Serta jangan lupa untuk selalu konsultasikan kepada dokter supaya penanganan lebih tepat untuk gejala alergi pada produk susu yang anda alami. Jadi jika anda merasakan alergi terhadap produk susu, akan lebih baik sama sekali tidak mengkonsumsi produk susu dan juga yang mengandung susu supaya kesehatan anda lebih aman dari gangguan.

Gejala alergi susu yang muncul pada orang dewasa sebenarnya tidak bisa dibedakan dari alergi yang muncul pada anak-anak. Akan tetapi perbedaannya adalah pada orang dewasa gejalanya bsia menjadi lebih berat jika tidak segera dilakukan penanganan secara serius. Itulah sebabnya pengecekan riwayat alergi harus dilakukan secepat mungkin jika anda merasakan ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan anda. Perduli dengan kesehatan tubuh terutama sangat penting untuk anda lakukan supaya penanganan serius bisa segera anda lakukan. Pemeriksaan dan pengobatan secara rutin tentu saja menjadi salah satu solusi yang paling baik utnuk anda yang menyadari bahwa anda mengalami gejala alergi terhadap susu dan produk turunannya.


Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *